Rincian Biaya Modal Perjuangan Event Organizer (Eo) Untuk Pemula

Anda pastinya sudah mengenal usaha event organizer atau yang kerap disebut EO. Event organizer merupakan salah satu bisnis dalam bidang jasa pelayanan penyelenggaraan suatu program maupun kegiatan tertentu yang memudahkan pemilik event menyelenggarakan acaranya sehingga berjalan dengan lancar. Seperti program pesta ulang tahun yang diadakan oleh banyak sekali forum pemerintah dan perusahaan swasta.

Peluang Usaha Menjadi Jasa EO (Event Organizer)
Perkembangan gaya hidup masyarakat Indonesia akhir-akhir ini banyak berubah seiring kemajuan teknologi dan ekonomi. Berbagai fasilitas terjadi di masyarakat modern dikala ini. Mereka tidak ingin ribet dan repot lagi dalam mengurusi banyak sekali hal. Termasuk kalangan menengah ke atas dalam menyelenggarakan sebuah kegiatan program dan pesta. Mereka tidak ingin disibukkan dengan urusan pembawaan program dan sistem acara. Mereka mau eksklusif beres, gampang dan praktis. Oleh karenanya, mereka menentukan memakai jasa event organizer.

Melihat perkembangan terkini ini menciptakan peluang usaha jasa EO atau event organizer sangat menguntungkan dan menjanjikan. Jika Anda sedang mencari peluang bisnis yang bakal berkembang, perjuangan event organizer bisa dicoba. Masyarakat dikala ini lebih menentukan memakai jasa EO untuk mengurusi semua kegiatan program dari awal hingga akhir. Pendek kata, mereka ingin gampang dan tidak mau menghabiskan banyak waktu ketimbang mengurusi duduk masalah event tersebut. Jasa event organizer merupakan pilihan sempurna walaupun harus mengeluarkan banyak uang. Atas kenyataan itulah menciptakan subur dan potensial bisnis event organizer.

 Event organizer merupakan salah satu bisnis dalam bidang jasa pelayanan penyelenggaraan s Rincian Biaya Modal Usaha Event Organizer (EO) untuk Pemula
Bisnis event organizer bukan hanya sasaran pasar dari kalangan masyarakat Indonesia biasa. Tapi juga bisa menyasar ke dalam forum pemerintahan, perusahaan swasta, dan forum lain yang mau menyelenggarakan sebuah program yang seru dan menarik. Jasa event organizer dipilih oleh mereka untuk menyelenggarakan sebuah program secara menyenangkan, bangga dan lancar.

Event organizer yaitu sebuah perjuangan yang melayani jasa penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah program atau pesta dengan konsep yang dikehendaki oleh klien. Sehingga perjuangan jasa EO bukanlah perjuangan individu. Namun perjuangan event organizer di dalamnya banyak orang yang terlibat dan bekerjasama sebagai team work. Usaha ini harus dilakukan secara serius dan sungguh-sungguh untuk berhasil. Salah satu tips sukses usaha ini yaitu melaksanakan pekerjaan secara menyenangkan.

Lalu bagaimana cara menciptakan perjuangan event organizer? Untuk menciptakan event organizer maka diharapkan klarifikasi mengenai rincian biaya modal perjuangan menciptakan event organizer dan cara menciptakan EO.

Baca juga � 17 Usaha Tanpa Modal Besar, Hasil Besar, Menguntungkan

Rincian Biaya Modal Usaha Event Organizer (EO) untuk Pemula
Untuk memulai perjuangan event organizer diharapkan persiapan dalam modal keuangan. Berikut ini rincian biaya modal perjuangan event organizer dari awal hingga buka bagi pemula, antara lain:

? Mengurus Perijinan
Untuk perjuangan event organizer diakui dan sah di mata aturan maka anda harus menciptakan surat ijin perjuangan Event Organizer yang mencakup pengurusan surat legalitas PT maupun CV. Proses pengurusan dimulai dari tingkat RT dan RW hingga kepada kecamatan setempat. Biaya pengurusan surat ijin perjuangan jasa event organizer sekitar Rp 1 juta

? Sewa Kantor
Modal perjuangan berikutnya untuk memperlihatkan eksistensi perjuangan EO dan melayani konsumen, anda bisa membuka kantor jasa event organizer di lokasi strategis. Seperti di pinggir jalan yang ramai. Untuk menyewa kantor di lokasi strategis dibutuhkan biaya Rp 6 juta pertahun. Namun anda bisa menghemat anggaran dengan buka jasa event organizer di rumah.

? Belanja alat kantor
Setelah mempunyai kantor jasa Event Organizer di lokasi strategis, modal berikutnya yang harus dibeli yaitu peralatan dan perlengkapan kantor. Seperti buku, kursi, meja, pengharum ruangan, kain pel dan lain sebagainya. Biaya yang diharapkan untuk belanja semua keperluan kantor tersebut sebesar Rp 2 juta.

? Biaya Promosi
Untuk memperkenalkan perjuangan jasa event organizer anda kepada masyarakat luas, teman bisa memakai spanduk, membagikan brosur, mempromosikan di media umum facebook, blog berbayar atau gratisan, instagram, line, twitter, bbm dan lain-lain.

Total estimasi biaya modal perjuangan membuka jasa EO sebesar Rp 9 juta.

Apabila anda berminat membuka perjuangan event organizer pastikan mempunyai modal perjuangan yang memadai ibarat di atas. Namun jikalau keuangan anda terbatas maka teman bisa menciptakan proposal perjuangan event organizer atau meminta pertolongan biaya dari para sponsor atau investor untuk membiayai perjuangan EO anda. Teknik inilah yang disebut cara menciptakan atau bisnis eo tanpa modal.

Adapun cara kerja event organizer yaitu menyelenggarakan program sesuai kemauan pemilik program bersangkutan. Sebuah perjuangan event organizer terdiri dari beberapa tim yang masing-masing mempunyai kiprah tersendiri. Seperti mempersiapkan katering, sewa gedung dan dekorasi, mempersiapkan busana, menyusun jadwal kegiatan, menyewa sound system, menyiapkan losmen atau kawasan tinggal bagi para tamu undangan, menyiapkan artis,  dan lain sebagainya.

Syarat Mendirikan Event Organizer
Seorang klien tentu saja mengharapkan tujuan dari event tersebut sanggup dicapai. Dan di sinilah kiprah perjuangan event organizer (EO) bukah hanya membantu menyelenggarakan program dengan lancar. Tapi juga ikut merumuskan ide-ide klien dan berani memperlihatkan gagasan-gagasan baru, unik, kreatif dan segar untuk mendukung kegiatan berjalan sukses. Dengan langkah demikian akan menciptakan pamor perjuangan event organizer tersebut kian elok dan bisa dipercaya menyelenggarakan kegiatan�kegiatan selanjutnya dari klien usang maupun baru.

Lalu bagaimana persyaratan membuka perjuangan event organizer yang sukses dan menguntungkan?  berikut ini syarat-syarat mendirikan perjuangan event organizer (EO) yang laku manis dan mempunyai gambaran baik, antara lain:

? Target Pasar
Penentuan sasaran pasar yang dibidik sangat penting bagi keberlangsungan perjuangan event organizer yang  masih pemula atau baru. Pasar yang dibidik apakah umum atau khusus. Namun bagi pemula dalam bisnis EO disarankan untuk menentukan pasar yang khusus terlebih dahulu. Misalkan spesialisasi penyelenggaraan program ekspo atau expo, konser musik, seminar, event otomotif, rakernas, launching, wedding ceremony, munas dan lain-lain. Setelah perjuangan event organizer berkembang maka anda bisa membidik ke pangsa pasar yang bersifat umum.

? Gagasan Inovatif dan Kreatif
Event organizer yaitu sebuah perjuangan jasa yang bekerjasama dengan dunia hiburan sekaligus komunikasi. Sehingga harus bisa memperlihatkan kepuasan kepada para penerima dan pemilik acara. Dengan cara menelurkan gagasan-gagasan kreatif dan cemerlang yang bisa diterima klien dan peserta.

? Memiliki Database
Database sangat penting dimiliki oleh sebuah event organizer. Seperti database media, database klien, database kawan strategis, database sponsor, database forum pemerintah, perusahaan swasta,  dll. Dengan demikian, ketika proyek seret maka anda bisa membuka database tersebut dan menghubungi kawan untuk mendapat pekerjaan. Database ini juga untuk membantu kelangsungan perjuangan EO berjalan lancar dan menguntungkan. Disebabkan perjuangan event organizer tidak bisa berdiri sendiri. Melainkan harus bekerjasama dengan pihak lain.

Berikut ini beberapa jenis perusahaan yang harus diajak kerjasama dalam bisnis EO, antara lain:

1. Perusahaan periklanan. Untuk mempromosikan perjuangan event organizer dengan harga terjangkau.
2. Usaha percetakan
3. Usaha penyewaan LCD proyektor
4. Usaha penyewaan sound system dll.  

Dari usaha-usaha tersebut yang diharapkan dalam membangun perjuangan event organizer alangkah baiknya tidak mengandalkan satu perusahaan percetakan, periklanan, perjuangan rental sound system dan LCD proyektor. Sangat kondusif apabila event organizer mempunyai banyak database perusahaan percetakan, penyewaan sound system, periklanan, dan penyewaan LCD Proyektor. Sehingga bisa membandingkan harga dan pelayanan yang diberikan. Dan jikalau kepepet maka kita bisa membagi pesanan ke banyak sekali suplier.

? Kerjasama Tim yang Sangat Solid
Hal penting lainnya yang sangat menunjang kesuksesan sebuah perjuangan event organizer yaitu tim yang berada di dalamnya. Anda harus memastikan bahwa tim event organizer anda sangat solid dengan mempunyai kemampuan dan kapabilitas di bidang masing-masing. Tim dalam perjuangan event organizer tidak harus banyak. Sedikit saja yang penting mempunyai kapasitas dalam mengelola dan menjalankan perjuangan event organizer dengan lancar dan sukses. Jika diharapkan personal perhiasan maka anda bisa merekrut tenaga karyawan part time sesuai spesialisasi yang dibutuhkan. Hal ini penting dilakukan untuk melaksanakan penghematan keuangan perjuangan EO.

? Bisa Menjual dan Detail
Usaha event organizer yang teman jalani harus bisa menciptakan sebuah program yang mempunyai nilai jual tinggi. Sehingga banyak sponsor yang tertarik untuk bergabung dengan event yang teman selenggarakan sebagai alat promosi bagi perusahaan mereka. Selain itu, perjuangan EO harus berpikir detail dalam menyelenggaran sebuah event. Dari mulai hal teknis hingga peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam program tersebut. Pastikan peralatan dan perlengkapan yang diharapkan dalam sebuah event sudah tersedia dengan baik sebelum program dimulai. Dan peralatan tersebut sebelumnya sudah dicek dalam kondisi bagus. Desain ruangan perlu diperhatikan semoga menarik mata para penerima event.

Dari uraian di atas mengenai syarat-syarat mendirikan usaha event organizer yang sukses dan menguntungkan sangat terang bahwa perjuangan EO bekerjasama dengan bisnis jasa dan pelayanan hiburan dan komunikasi. Sehingga anda bisa membuka bisnis eo tanpa modal. Karena modal perjuangan event organizer berupa biaya izin perjuangan event organizer, biaya sewa kantor, biaya promosi dan percetakan bisa dilakukan kerjasama dengan pihak perusahaan supplier dengan sistem bayar tempo. Bagaimana anda tertarik membuka perjuangan EO?

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH