Cara Beternak Lele Pemula Yang Berhasil Cepat, Enteng Biaya

Anda tentu sudah tak abnormal lagi dengan ikan lele. Banyak perjuangan tercipta dari ikan lele, antara lain usaha pecel lele dan bisnis beternak ikan lele di bak air tawar. Pilihan terakhir ialah peluang bisnis yang cukup menjanjikan mengingat para penggemar lele di Indonesia sangat banyak. Bahkan seruan terhadap ikan lele di masyarakat tanah air sangat tinggi. Dan terus meningkat setiap tahun. Yang belum sanggup dipenuhi secara baik oleh para peternak lele lokal. Sehingga masuk akal bila harga ikan lele perkilogram senantiasa mengalami kenaikan. Apalagi di animo paceklik.

Peluang Usaha Ternak Lele Pemula
Hal inilah yang memunculkan sebuah peluang perjuangan terbaru yang sangat menguntungkan dan menjanjikan yaitu usaha budidaya lele secara rumahan skala kecil kecilan, menengah maupun skala besar. Apalagi bisnis beternak lele dan cara pemeliharaannya sangat praktis dilakukan oleh siapapun. Tidak ribet menyerupai memelihara ikan jenis lain. Ikan lele praktis mengikuti keadaan dengan lingkungan gres dan mempunyai daya tahan badan yang sangat besar lengan berkuasa terhadap banyak sekali serangan hama dan penyakit.

Kelebihan lain dari perjuangan budidaya ikan lele ialah modal perjuangan yang dibutuhkan relatif kecil. Sehingga bisnis ternak lele multi keunggulan. Hal inilah yang menciptakan sebagian penduduk desa pemula di tanah air berlomba-lomba melaksanakan perjuangan beternak lele. Namun hanya sebagian kecil saja peternak yang berhasil dan sukses perjuangan budidaya lele. Selebihnya mengalami kegagalan. Disebabkan banyak faktor. Seperti banyak ikan lele yang mengalami kematian, ikan lele kabur keluar bak dan lain sebagainya.
 Anda tentu sudah tak abnormal lagi dengan ikan lele Cara Beternak Lele Pemula yang Berhasil Cepat, Enteng Biaya

Prospek Usaha Ternak Lele
Berdasarkan analisa dan pengalaman penulis di lapangan prospek perjuangan budidaya ikan lele sangat menjanjikan ketimbang perjuangan beternak jenis ikan air tawar lainnya. Seperti ikan mas, gurame, nila, patin, nilam, dan lain sebagainya. Dikarenakan pangsa pasar yang sangat luas. Hampir semua kalangan menyukai masakan ikan lele yang bercita rasa khas baik belum dewasa hingga orang dewasa.

Selain itu, yang menjadi penyebab prospek perjuangan beternak lele sangat menjanjikan ialah persaingan perjuangan ternak lele yang masih jarang di beberapa tempat di Indonesia. Lebih banyak orang yang menentukan beternak ikan mas, gurame dan nila lantaran tidak memerlukan perawatan ekstra. Sedangkan ikan lele membutuhkan perawatan ekstra dimana setiap hari harus dikontrol untuk memastikan proteksi pakan diberikan secara teratur.

Masalah pemasaran menjadi kelebihan tersendiri dari perjuangan ternak lele. Karena menurut pengalaman penulis untuk memasarkan hasil panen ikan lele sangat mudah. Ada banyak orang yang membutuhkan lele dalam banyak sekali ukuran dari mulai benih hingga lele berukuran besar. Anda sanggup memasang iklan penjualan ikan lele di internet melalui blog, media umum facebook, twitter, line, bbm, seo google, dan lain sebagainya. Selain itu, anda sanggup memasang papan iklan, spanduk dan reklame yang bertuliskan jual ikan lele.

Cara Beternak Lele Pemula yang Berhasil Cepat, Enteng Biaya
Jika anda sebagai pemula dan ingin membuka perjuangan ternak lele maka bisnis ini sangat cocok bagi anda. Karena perjuangan ternak lele sangat praktis dijalankan oleh pemula sekalipun yang masih awam akan cara ternak lele. Berikut ini cara beternak lele pemula yang berhasil cepat dan enteng biaya yang diuraikan secara bertahap, antara lain:

? Persiapan Lokasi Usaha
Untuk lokasi perjuangan bagi ternak lele, anda sanggup membuka bisnis peternakan ikan lele di halaman rumah yang kosong, atau di kebon dan lahan kosong bersahabat rumah. Kenapa lokasi perjuangan ternak lele harus bersahabat rumah? Karena untuk memudahkan anda dalam melaksanakan kontrol terhadap perjuangan budidaya lele. Sebab ikan lele rawan sekali kabur atau keluar dari bak secara meloncat dan harus telaten dalam perawatan. Namun pastikan bak ikan lele jangan terlalu bersahabat dengan rumah yang sanggup menyebabkan polusi udara.

Lokasi perjuangan yang manis untuk perjuangan ternak lele ialah lokasi yang praktis diakses oleh kendaraan kendaraan beroda empat dan sepeda motor, praktis dilihat banyak orang sekaligus sebagai sarana promosi secara gratis, di sekitar sumber air yang bersih, dan pastikan lokasi perjuangan budidaya lele cukup jauh dari permukiman warga. Sebab kolam ikan lele sanggup menyebabkan timbulnya bau tak sedap atau polusi udara.

Ukuran lokasi perjuangan ternak lele kalau sanggup berada di lahan yang luas. Namun perjuangan beternak lele pun sanggup dijalankan di lahan yang sempit. Karena bak ikan lele dari terpal sanggup dibentuk dengan ukuran yang diubahsuaikan dengan lahan yang tersedia. Untuk ukuran bak ikan lele sanggup diubahsuaikan dengan kebutuhan. Anda sanggup melihat ukuran bak ikan lele yang ideal dengan melihat bak ikan lele milik peternak lainnya yang berada di sekitar tempat tinggal anda.

? Mempersiapkan Kolam Lele
Untuk bak yang dipersiapkan bagi perjuangan ternak ikan lele sanggup berupa bak tanah liat, bak dari beton, bak tembok, dan bak terpal. Namun yang lebih kecil biayanya ialah mempersiapkan bak ikan lele dari terpal. Anda sanggup menciptakan beberapa bak untuk meningkatkan penghasilan bisnis beternak ikan lele.

Berikut ini beberapa hal yang mesti diperhatikan dalam pembuatan bak ternak lele, yaitu:

Suhu Ideal
Suhu yang dipersyaratkan bagi bak ikan lele sekitar 20 derajat celcius hingga 28 derajat celcius.

Bersih dari Polusi
Pastikan air dalam bak ikan lele terbebas dari B3 yaitu bahan-bahan berbahaya dan beracun dari limbah industri pabrik dan industri rumah tangga. Misalnya limbah sabun hasil industri rumahtangga yang disalurkan pada bak ikan lele sanggup menyebabkan ikan lele mengalami kematian.

Air Tenang
Ikan lele bahagia sekali hidup di air hening walaupun air keruh. Namun kekeruhan air bukan lantaran polusi materi berbahaya dan beracun. Tapi bekas dari sisa-sisa masakan rumahtangga. Atau hasil limbah air pembersihan beras di rumahtangga dll. Ikan lele sanggup bertahan hidup dalam air yang kadar oksigen sangat minim. Selain itu, pastikan permukaan bak ikan lele tak ditutupi.

? Cara Membuat Kolam Lele dari Terpal
Setelah anda mempunyai lokasi perjuangan yang cocok bagi bisnis beternak lele, langkah berikutnya ialah menciptakan bak lele dari terpal yang membutuhkan modal enteng. Terlebih dahulu, sahabat mesti melaksanakan penggalian tanah hingga kedalaman sekitar 80 centimeter. Kemudian anda menciptakan kerangka bak ikan lele dari bambu. Sekaligus penguat atau pondasi bagi bak ternak lele. Selanjutnya, masukkan terpal plastik hingga menutupi semua permukaan tanah atau kerangka kolam.

Apabila proses tersebut sudah selesai, berikutnya melaksanakan pengapuran menggunakan kapur dolomit yang bertujuan mengembalikan keasaman dari tanah dan menghilangkan bibit-bibit dan kuman-kuman penyakit yang sanggup menyerang lele suatu waktu. Setelah semua sudah selesai, masukkan air bertahap ke dalam bak ikan lele hingga mempunyai ketinggian sekitar 30 centimeter.

Pada tahap ini, anda jangan eksklusif memasukkan lele pada kolam. Karena bak lele dari terpal plastik masih mengandung racun dari bau terpal yang baru. Diamkan dulu bak lele dari terpal yang tergenang air hingga empat hari atau hingga bau plastik hilang. Hal ini berkhasiat juga untuk menyebabkan pertumbuhan plankton-plankton gres sebagai materi masakan alami bagi ikan lele sahabat nantinya.

? Cara Memilih Indukan Lele yang Baik
Sementara itu, untuk memulai perjuangan budidaya ikan lele yang berhasil harus dimulai dari pemilihan indukan lele yang berkualitas manis baik dari indukan pejantan maupun indukan betina ikan lele. Cara mengecek suatu indukan lele berkualitas baik atau tidak sanggup dilihat secara kasat mata.

Cara Memilih Indukan Lele Pejantan
Untuk indukan lele pejantan yang mempunyai kualitas baik sanggup dilihat ciri-cirinya sebagai berikut, antara lain:

1. Warna lele lebih gelap
2. Bagian punggung tidak terlihat besar dan mempunyai perut yang ramping
3. Mempunyai alat kelamin yang runcing
4. Bergerak secara lincah dan gesit
5. Tulang kepala lele tampak pipih

Cara Memilih Indukan Lele Betina
Sekarang kita akan melihat gejala atau ciri dari indukan lele betina yang mempunyai kualitas unggul dan baik, antara lain:

1. Gerakan lele lamban
2. Mempunyai alat kelamin yang bentuk terlihat bulat
3. Warna ikan lele lebih cerah
4. Kepala ikan lele tampak cembung
5. Perut ikan lele tampak mengembang besar ketimbang kepingan punggung

? Cara Pemijahan Ikan Lele
Langkah berikutnya sesudah sahabat mempunyai indukan lele pejantan dan betina yang berkualitas baik dan unggul maka sahabat harus melaksanakan pemijahan atau proses mengawinkan antara indukan lele betina dan jantan tersebut hingga menghasilkan telur yang sangat banyak. Sediakan sabut sapu injuk untuk menciptakan telor yang sudah dibuahi sanggup melekat selama 24 jam. Dari telur-telur ikan lele yang melekat maka selanjutnya akan menetas menjadi belum dewasa atau bibit ikan lele dalam jumlah besar.

? Memindahkan Bibit Ikan Lele
Setelah telur menetas menjadi anakan dan benih lele dalam jumlah ribuan maka berikutnya yang harus dilakukan ialah pemindahan anakan lele tersebut. Untuk cara pemindahan bibit ikan lele mesti dilakukan secara hati-hati. Dengan terlebih dahulu mengurangi kadar air dalam bak bertahap hingga ketinggian air bak mencapai 15 centimeter. Untuk proses pemindahan benih lele sangat dianjurkan dilakukan pada malam hari biar menjaga stabilitas suhu kolam. Pemindahan bibit ikan lele sanggup ditampung sementara pada sebuah baskom besar yang telah diisi air bak lele sebelumnya.

? Pendederan Ikan Lele
Sekarang kita melalui tahap pendederan. Apakah anda sudah mengetahui apa itu proses pendederan yaitu proses pembesaran ikan lele dari berupa benih atau anakan lele hingga berukuran siap panen atau sekitar ukuran 7 centimeter hingga 12 centimeter. Untuk proses pendederan, bak ikan lele harus diberi epilog pada permukaan sanggup berupa tumbuhan eceng gondok. Semua itu dilakukan biar sanggup menjaga suhu bak tetap stabil dan biar benih lele tersebut tak mengalami yang namanya stres yang sanggup berakibat kematian.

? Pemberian Pakan Ikan Lele
Selama dalam proses pembesaran ikan lele tersebut pastikan proteksi pakan dilakukan secara teratur dan sempurna waktu. Pakan yang diberikan secukupnya. Jangan berlebihan proteksi pakan lele dan jangan kekurangan. Pemberian masakan bagi ikan lele sangat menentukan kesuksesan bisnis ternak lele. Sehingga anda harus memperhatikan secara benar proteksi pakan lele.

Untuk lele berusia sekitar tiga hingga empat hari maka sahabat sanggup memperlihatkan masakan alami menyerupai cacing, plankton, kutu air dan jentik-jentik. Sedangkan bagi lele yang berusia empat hari ke atas maka sahabat sanggup memperlihatkan masakan lele pabrikan yang mengandung protein tinggi. Pada tahap pendederan benih harus dilakukan pengontrolan secara berkala. Karena biasanya pada tahap pembesaran benih lele akan banyak anakan lele mengalami tamat hidup pasca penyebaran benih. Persentase tamat hidup lele yang ideal sebesar 10 persen.

Demikianlah cara ternak lele yang baik dan benar di bak terpal. Sebenarnya masih banyak cara lain dalam beternak ikan lele. Seperti ternak lele dalam drum plastik, budidaya ikan lele di bak tembok dan bak tanah. Namun semua yang diuraikan oleh penulis sudah cukup memadai. Dan mudah-mudahan sanggup bermanfaat bagi anda sekalian yang tertarik menekuni bisnis budidaya ikan lele secara rumahan dan modal kecil.

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH