Rincian Modal Perjuangan Rental Sepeda Dan Laba Bisnisnya

Bisnis rental sepeda merupakan salah satu peluang perjuangan yang menguntungkan untuk dijalani ketika ini. Hal ini tak terlepas dari fenomena ramah lingkungan dan gaya hidup sehat yang banyak diterapkan orang di kota maupun desa akhir-akhir ini. Apalagi jalan-jalan raya di perkotaan sudah memperlihatkan akomodasi track bagi para pengguna sepeda supaya berjalan nyaman. Setiap ahad selalu diadakan car free day yang menciptakan perjuangan penyewaan sepeda menggeliat. Begitupula banyak sekali event dan program sepeda kalem atau fun bike digelar di banyak sekali wilayah di Indonesia. Tentu ini menciptakan bisnis sewa sepeda menjanjikan sekali.

Semua orang tentu mengenal alat transportasi sepeda. Kendaraan roda dua ini sangat digandrungi bawah umur dan dewasa untuk bermain dan rekreasi. Jika ditilik ke belakang, sejarah sepeda telah ada semenjak periode kurun 18 hingga ketika ini dengan banyak sekali model perubahan. Sekarang  ini hampir setiap orang sudah mempunyai sepeda satu hingga dua buah unit. Mereka menggunakannya sebagai sarana berolahraga sehat, hobi dan sebagai acara rekreasi yang mengasyikkan. Di setiap desa dan wilayah niscaya ada komunitas pecinta sepeda yang sering kumpul bareng.

Namun bagi orang yang jeli melihat peluang perjuangan mereka bisa menjalankan hobi olahraga bersepeda menjadi lahan bisnis. Caranya? Sobat bisa membuka perjuangan penyewaan sepeda. Atau sepeda yang sobat miliki sanggup disewakan kepada orang lain dengan tarif yang sudah ditentukan. Pangsa pasar perjuangan penyewaan sepeda sangat manis dijalankan di tempat wisata, program funbike sepeda santai, agenda car free day, kota bau tanah wisata Jakarta, dan tempat lain sebagainya.  
 Bisnis rental sepeda merupakan salah satu  Rincian Modal Usaha Rental Sepeda dan Keuntungan Bisnisnya

Pengusaha Sukses Bisnis Penyewaan Sepeda
Ada banyak pengusaha rental sepeda yang berhasil di tanah air. Seperti Hasan Bachri yang menjalankan perjuangan penjualan dan rental sepeda di daerah Jakarta Utara. Ia menyasar sasaran pasar dari kalangan banyak sekali perusahaan besar sebagai klien yang sering mengadakan program funbike bagi karyawannya. Apalagi agenda funbike atau bersepeda bareng menjadi acara terkenal ketika ini bagi setiap karyawan perusahaan besar di Indonesia.

Pria yang ramah ini mempunyai 400 unit sepeda yang ia sewakan. Namun seringkali ia kewalahan memenuhi pesanan beberapa perusahaan besar yang menyewa sepeda hingga 800 buah untuk acara funbike bersepeda bareng para karyawannya. Oleh lantaran itu, kini laki-laki yang murah senyum ini tengah mempersiapkan armada sepeda perhiasan sebanyak 300 buah. Keuntungan yang besar dari usaha rental sepeda menciptakan Hasan Bachri tetap menggeluti bisnis ini disamping perjuangan jualan sepeda.

Lalu ada laki-laki berjulukan lengkap Harminto yang juga membuka perjuangan penyewaan sepeda di wilayah Yogyakarta. Pria tampan ini menyewakan sepeda dalam partai besar dan kecil. Ia mempunyai armada sepeda sebanyak 150 buah yang siap sedia ia sewakan. Berbagai perusahaan besar dan kecil di daerah Yogya telah memakai jasa dari perjuangan penyewaan sepeda milik Harminto. Dan mereka merasa puas atas pelayanannya.

Namun lantaran modal perjuangan berupa keuangan yang terbatas menciptakan jumlah sepeda yang ia rentalkan tidak bertambah. Padahal seruan pasar terus bertambah. Sehingga kalau ada sebuah perusahaan yang memesan 500 unit sepeda maka laki-laki kalem ini tak sanggup memenuhi pesanan tersebut. Karena armada sepeda yang dimilikinya hanya berjumlah 150 unit. Tapi ia berencana di masa depan hendak menambah jumlah unit sepeda.

Keuntungan Bisnis Penyewaan Sepeda
Lalu yang jadi pertanyaan, berapakah keuntungan bisnis penyewaan sepeda? Berdasarkan penuturan Harminto penghasilan dari perjuangan rental sepeda cukup menggiurkan. Dalam sebulan ia bisa mengantongi penghasilan dari bisnis sewa sepeda hingga Rp 5 juta. Pendapatan tersebut bertambah besar kalau datang masa liburan bawah umur sekolah ibarat hari Minggu dan hari besar lainnya. Kaprikornus keuntungan dari bisnis rental sepeda tergantung banyaknya sepeda yang disewakan. Semakin banyak sepeda yang disewa maka semakin besar penghasilannya.

Jika ada program besar ibarat funbike yang diadakan perusahaan, keuntungan kotor Harminto bisa mencapai Rp 120 juta perbulan. Setelah dipotong biaya perawatan dan perbaikan sepeda dan honor karyawan dan lain-lain, untung higienis sekitar Rp 100 juta perbulan. Pokoknya bisnis penyewaan sepeda sangat menjanjikan untung besar terutama di daerah kota dan wisata. Untuk harga sewa sepeda sebesar Rp 75 ribu. Untuk memuluskan bisnis penyewaan sepeda dalam partai besar, Harminto sudah mempunyai satu unit truck untuk mengangkut sepeda ke tempat tujuan.

Cara Membuka Usaha Rental Sepeda
Setelah anda mengetahui prospek perjuangan dari bisnis penyewaan sepeda sangat menjanjikan akan timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara memulai perjuangan rental sepeda. Apabila sobat mau menikmati gurihnya perjuangan rental sepeda maka anda bisa membuka perjuangan rental sepeda dengan gampang dan modal kecil. Adapun sasaran market ialah kalangan pelajar, mahasiswa, wisatawan absurd dan domestik, komunitas, perorangan dan korporasi perjuangan dan lain-lain.

Misalkan sobat membidik para wisatawan maka lokasi perjuangan rental sepeda harus berdekatan atau berada di sekitar tempat wisata. Daerah yang banyak sekali dan cocok dijadikan tempat perjuangan penyewaan rental sepeda ialah Yogyakarta dan Bali. Karena kedua daerah ini tingkat kunjungan wisata dari turis dalam negeri dan luar negeri tidak mengecewakan tinggi sekali.

Salah satu pengusaha yang terjun dalam bisnis penyewaan sepeda dengan sasaran market para wisatawan di daerah Bengkulu ialah Rahmat Prayogo. Pria yang ramah ini mendirikan komunitas pecinta sepeda di daerahnya. Kemudian melihat peluang perjuangan sewa sepeda yang sangat menjanjikan menciptakan ia terjun dalam bisnis ini. Dengan modal sepeda yang ia miliki, Rahmat membuka perjuangan rental sepeda khusus bagi para turis yang sedang berkunjung ke Pantai Panjang Bengkulu.

Pria yang tampil sederhana ini membuka perjuangan penyewaan sepeda selama 24 jam dan tiap hari buka. Hal ini sebagai bentuk pelayanan kepada para konsumen. Usaha yang telah digelutinya kini telah berjalan selama tujuh tahun. Banyak suka sedih yang ia alami. Ide membuka bisnis rental sepeda berasal dari pengalamannya yang yummy sekali bersepeda di Pantai Panjang sambil menikmati keindahan alam.

Para turis menyewa sepeda milik Rahmat Prayogo secara berkelompok maupun secara perorangan. Hal tersebut sama-sama menguntungkan. Dengan menyewa sepeda para wisatawan sanggup menjelajahi kota bau tanah dan desa wisata serta obyek wisata yang diinginkannya.

Supaya perjuangan rental sepeda sobat laku manis dan menguntungkan maka sobat sanggup menjalin kerjasama dengan pihak travel biro atau penyedia jasa wisata, perusahaan event organizer atau perusahaan yang mengadakan program wisata funbike. Kemudian sediakan pula penunjuk jalan rute atau tour guide serta mekanik pengawal perental sepeda. Langkah ini terbukti efektif meningkatkan keuntungan higienis usaha. Seperti yang dicontohkan oleh Rahmat Prayogo dan Harminto yang bisa merentalkan 20 sepeda perhari.

Tips sukses lainnya mengadakan korelasi baik dan kerjasama dengan banyak sekali komunitas, pelajar dan mahasiswa. Sebab mereka seringkali mengadakan acara funbike bareng dan reuni yang diisi acara bersepeda bersama mengelilingi wilayah tertentu untuk menambah keakraban dan mencairkan suasana. Dan pasar yang menggiurkan tentu saja korporasi yang sering menyewa sepeda dalam jumlah besar atau ratusan unit sepeda.

Pendek kata, perjuangan penyewaan sepeda sangat menjanjikan di daerah Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia. Karena pangsa pasar utama yakni perusahaan besar ada di daerah ini. Bukan hanya menguntungkan di kota tapi juga di desa lebih menjanjikan. Apalagi fenomena kini ini tak semua orang mempunyai sepeda. Ada banyak orang yang sama sekali tidak mempunyai sepeda dikarenakan banyak hal. Seperti harga sepeda yang mahal dan tempat bersepeda yang sempit di kota.

Cara melaksanakan promosi bisnis penyewaan sepeda selain cara di atas, sobat bisa melaksanakan teknik dari lisan ke lisan yang sangat efektif. Atau sobat bisa membagikan brosur ke tempat-tempat komunitas, lokasi wisata, banyak sekali perusahaan besar dan kecil serta daerah perumahan sekitar yang padat penduduk. Selain itu, anda bisa melaksanakan promosi perjuangan rental sepeda di internet secara gratis maupun berbayar memakai sosmed facebook, twitter, blog, google plus, bbm, whatsapp, blog gratisan dan berbayar dll.

Rincian Modal Usaha Rental Sepeda
Permasalahan modal merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam membuka perjuangan rental sepeda. Jumlah besarnya modal perjuangan yang diharapkan dalam bisnis rental sepeda tergantung besarnya skala perjuangan yang hendak dijalankan. Anda bisa membuka perjuangan penyewaan sepeda skala besar atau kecil. Namun sebagai pemula dalam bisnis ini, penulis merekomendasikan supaya membuka perjuangan sewa sepeda dengan skala kecil. Jika perjuangan berkembang dengan sendirinya bisnis sewa sepeda akan menjadi skala besar.

? Sepeda
Modal pertama yang harus disediakan dalam membuka perjuangan penyewaan sepeda ialah sepeda itu sendiri. Sobat bisa membeli sepeda sebanyak 20 unit secara cash atau kredit. Namun kalau anda mempunyai toko yang menjual sepeda gres dan bekas tentu saja tidak perlu mengeluarkan modal ini. Sebab stok sepeda sudah banyak dan bisa disewakan.

Untuk tahap awal, anda bisa membeli sepeda second yang layak pakai seharga Rp 600 ribu perbuah. Kaprikornus modal perjuangan yang mesti dikeluarkan untuk membeli 20 unit sepeda bekas sekitar Rp 12.000.000. Anda bisa saja membeli sepeda gres untuk direntalkan yang harga sekitar Rp 1 juta lebih. Dengan demikian modal perjuangan yang dianggarkan harus lebih besar lagi. Umpamakan modal keuangan yang sobat miliki terbatas.

Selain itu, ada cara menjalankan bisnis rental sepeda dengan modal kecil bahkan nol yaitu dengan cara memanfaatkan sepeda milik teman-teman di komunitas untuk disewakan. Gunakan sistem komisi menarik atau bagi hasil. Cara ini dipakai oleh Harminto dan Rahmat yang sukses menjalankan bisnis penyewaan sepeda di daerahnya.

? Peralatan
Peralatan dan perlengkapan perjuangan yang mencakup sewa lokasi usaha, meja, kursi, pompa ban, lap sepeda, dan perhiasan lain sekitar Rp 6 juta.

? Gaji Karyawan
Untuk karyawan bisa diterapkan sistem komisi atau honor tetap dikisaran Rp 1 juta.

Jika diumpamakan dalam satu hari ada 60 penyewa dan dengan memasang harga sewa sepeda sekitar Rp 10 ribu perjam maka keuntungan yang bisa sobat dapatkan dari bisnis penyewaan sepeda sekitar Rp 600 ribu perhari. Bagaimana tidak mengecewakan bukan?          

Sumber JASA SITUS WEB BLOG MURAH